Kamis, 09 Maret 2017

Komunikasi Dengan Orang Baru

Berkomunikasi Dengan Orang Baru

Komunikasi merupakan media paling penting dalam berinteraksi dalam masyarakat. Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami. dengan berkomunikasi manusia dapat menyampaikan pendapatnya dan mengekspresikan segala perasaan kepada orang lain. Tetapi banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan dirinya dan memilih untuk memendamnya sendiri.
Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam sebuah lingkungan baru agar dapat terjalin suatu hubungan yang baik. Sedangkan kemampuan komunikasi setiap orang sangat berbeda, ada yang mudah berkomunikasi dengan orang baru dan ada yang sulit untuk berkomunikasi dengan orang baru bahkan dengan orang yang sudah dikenal pun masih tetap malu. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan lingkungan baru, itu dapat menyebabkan ketidak nyamanan bagi mereka sendiri.
Terkadang orang merasa bingung dan canggung saat berhadapan dengan orang yang baru kita kenal. Namun, bagi saya pribadi itu mudah untuk menjalin komunikasi dengan orang baru. Seperti pada waktu saya di rumah sakit untuk menunggu pakde, saya bertemu ibu-ibu di depan left pada saat saya ingin naik ke ruangan. Ibu tersebut bingung, lalu saya menghampiri ibu tersebut dan menanyakan kenapa kelihatan bingung. Ternyata beliau mau naik tapi takut nggak bisa keluar dari left soalnya pernah dengar kabar kalau ada orang terjebak di left dan tidak bisa keluar lalu meninggal di left maka nya beliau sangat takut. Maka dari itu saya membantu ibu tersebut untuk naik left dan mengantarkannya sampe kamar dimana beliau menunggu saudaranya. Dan ternyata kamarnya berseberangan dengan kamar pakde saya. Beliau tersebut bernama Ibu Rajinem, akhirnya saya dan beliau sering ngobrol dengan asyik. Saya mengakui kalau berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dari saya justru malah nyambung. Entah kenapa memang benar, naluri saya jika ngobrol dengan orang tua itu lebih nyaman.
Bukan hanya itu, saat semester 5 juga ada tugas dan kejadian yang berhubungan dengan berkomunikasi dengan orang baru. Mata kuliah Kemitraan dan Komunikasi Bisnis yang saat itu ditugaskan untuk mencari perusahaan yang mempunyai mitra kerja dengan perusahaan atau orang lain kemudian mewawancarainya. Waktu itu saya memilih PT. Natural Nusantara (PT.NASA) yang berada di Jl. Ringroad Barat. Seperti biasa sebelum melakukan wawancara, kita harus menghubungi pihak PT nya untuk meminta izin guna wawancara untuk memenuhi tugas tersebut. Kemudian saya diberitahu teman saya untuk menghubungi Bapak Hakim. Beliau adalah Humas dari PT. Nasa yang biasanya menerima tamu untuk wawancara ataupun kontrak kerja. Pertamanya saya menghubungi beliau lewat WA (WhatsApp) untuk meminta izin wawancara. Pada saat menghubungi beliau, beliau sangat ramah dan saya fikir bahwa bapak Hakim orangnya welcome. Ternyata benar, pada saat kesana saya dan teman-teman sekelompok disambut dengan ramah oleh beliau. Dan bahkan beliau sangat antusias menjelaskan apa yang kita tanyakan. Sampai sekarangpun beliau masih ingat dengan saya pada saat saya menghubungi beliau lagi untuk memenuhi tugas lain yang berhubunagan dengan PT Nasa. Dari situlah tercipta komunikasi yang baik meskipun dengan orang yang baru saya kenal.

Menurut saya komunikasi dengan orang baru itu mudah tergantung bagaimana kita menyikapi dan mengerti apa maunya orang yang sedang berkomunikasi dengan kita tersebut. Biasanya saya memulai komunikasi dengan cara menanyakan sesuatu hal kepada orang baru dan disitulah terjadi komunikasi yang menurut saya itu mudah, menyenangkan dan bahkan kita dapat mengenal karakter sesorang dengan cara berkomunikasi atau ngobrol. Karena dengan komunikasi yang baik maka terciptanya hubungan yang baik pula meskipun dengan orang yang baru kita kenal. 😊😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar